Postingan

Modul 2.3.Coaching Untuk Supervisi Akademik

Gambar
  MODUL 2.3 2.3.a.9.Aksi Nyata  Praktik Coaching Untuk Supervisi Akademik TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS CGP mempraktekan rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran dengan menggunakan paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik supervisi akademik tersebut. Instruksi Penugasan  CGP akan melakukan praktik dengan rekan sejawat. CGP akan menjadi supervisor dan satu rekan sejawat menjadi yang akan di observasi. CGP akan melakukan pra-observasi   berupa percakapan mengenai bagian dari pembelajaran yang akan menjadi fokus pengembangan. Bagian ini direkam sebagai bahan pendukung penilaian dan refleksi CGP. Hasil rekaman diberikan kepada Pengajar Praktik. CGP melakukan observasi pembelajaran di kelas rekan sejawat. CGP membuat catatan lembar observasi yang akan digunakan pada pasca observasi. setelah mendapatkan data hasil supervisi. CGP akan melakukan sesi percakapan pasca observasi dengan dihadiri oleh Pengajar Praktik. Pada sesi ini, CGP mem...

Modul 2.3.Coaching Untuk Supervisi Akademik

Gambar
  MODUL 2.3 2.3.a.9.Aksi Nyata  Praktik Coaching Untuk Supervisi Akademik TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS CGP mempraktekan rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran dengan menggunakan paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik supervisi akademik tersebut. Instruksi Penugasan  CGP akan melakukan praktik dengan rekan sejawat. CGP akan menjadi supervisor dan satu rekan sejawat menjadi yang akan di observasi. CGP akan melakukan pra-observasi   berupa percakapan mengenai bagian dari pembelajaran yang akan menjadi fokus pengembangan. Bagian ini direkam sebagai bahan pendukung penilaian dan refleksi CGP. Hasil rekaman diberikan kepada Pengajar Praktik. CGP melakukan observasi pembelajaran di kelas rekan sejawat. CGP membuat catatan lembar observasi yang akan digunakan pada pasca observasi. setelah mendapatkan data hasil supervisi. CGP akan melakukan sesi percakapan pasca observasi dengan dihadiri oleh Pengajar Praktik. Pada sesi ini, CGP mem...

Aksi Nyata Modul 2.1

  Kutipan hari ini: “Serupa seperti para pengukir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan kayu, jenis-jenisnya, keindahan ukiran, dan cara-cara mengukirnya. Seperti itulah seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan mendalam tentang seni mendidik, Bedanya, Guru mengukir manusia yang memiliki hidup lahir dan batin.”  (Ki Hajar Dewantara) Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Menurut Tomlinson (1999:14) dalam kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru melakukan upaya yang konsisten untuk merespon kebutuhan belajar murid. Melakukan pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti bahwa guru harus mengajar dengan 28 cara yang berbeda untuk mengajar 28 orang anak didik. Bukan pula berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk anak didiknya  yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain. Pembelajaran berdiferensiasi juga b...

Aksi Nyata Modul 2.1

  Kutipan hari ini: “Serupa seperti para pengukir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan kayu, jenis-jenisnya, keindahan ukiran, dan cara-cara mengukirnya. Seperti itulah seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan mendalam tentang seni mendidik, Bedanya, Guru mengukir manusia yang memiliki hidup lahir dan batin.”  (Ki Hajar Dewantara) Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Menurut Tomlinson (1999:14) dalam kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru melakukan upaya yang konsisten untuk merespon kebutuhan belajar murid. Melakukan pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti bahwa guru harus mengajar dengan 28 cara yang berbeda untuk mengajar 28 orang anak didik. Bukan pula berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk anak didiknya  yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain. Pembelajaran berdiferensiasi juga b...