Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP melakukan refleksi terhadap
pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan
apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid
Kutipan Hari Ini
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama
adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).
Ki Hadjar Dewantara
Kutipan Hari ini
"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak,
kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak"
-Nadiem Makarim-
Pada tahap akhir modul di jurnal refleksi dwi mingguan ini saya mencoba membuat model 4F yang mana model refleski yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. yaitu : Facts (Peristiwa), Feelings (Perasaan), Findings (Pembelajaran), Future (Penerapan).
Tak terasa sudah diakhir modul kami pelajari, rasanya baru kemaren kami mulai pada modul 1 yang awalnya terasa berat beban kami lalui untuk sampai di modul akhir ini. Suka dan duka kami para CGP lalui agar kami bisa menyelesaikan setiap tugas yang ada deadlinenya, karena bagi kami Centang Biru itulah dinomor satukan agar LMS bisa 100%. Masih teringat dibenak saya bagaimana awal nya saya belajar membuka LMS ini, banyak hal hal baru dan ilmu baru yang saya dapatkan sehingga ini adalah pembelajaran yang tidak ternilai bagi saya sendiri. Ilmu yang tidak bisa dibayar dengan uang, ilmu yang akan terus saya bawa sepanjang hayat, dan akan terus saya bagi kepada rekan rekan guru PAUD hebat di komunitas Kecamatan kami. Banyak sekali lika liku yang harus saya lewati agar bisa membagi waktu agar bisa terus dan terus dapat ilmu di CGP ini. Dari jarak tempuh yang harus saya lalui menuju kabupaten sampai dengan perjuangan akan waktu bersama keluarga dan juga tugas disekolah. Terkadang ada rasa lelah untuk melewati ini semua, namun dukungan semangat dari PP dan rekan CGP di Fasil dan PP saya serta dukungan dari keluarga juga Kepsek bersama rekan sejawat yang telah membuat saya bangkit dan terus melangkah hingga sampai di penghujung modul ini. Walau kadangkala harus menyempatkan waktu untuk mengisi LMS, duduk berjam jam didepan lektop, sambil meletakan jari jemari diatas tombol keyboard lektop, agar LMS bisa centang biru. Terkadang bisa tertidur di depan lektop. Semua saya jalani dengan ikhlas karena bagi saya amanah yang telah diberikan kepada saya ini harus saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab demi anak didik tersayang. Tentunya tidak mudah bagi saya untuk melalui semua ini, hingga akhirnya di penghujung modul saya akhirnya tumbang juga akibat kelelahan dan begitu banyak aktifitas yang harus saya tuntaskan. Hingga pada rruang Kolaborasi saya tidak bisa sepenuhnya melaksanakan tugas saya yang mana pada waktu itu saya di beri tugas untuk persentasi hasil diskusi kelompok kami, namun pada waktu pelaksanaan saya tumbang lagi tak sanggup untuk melakukan persentasi, akan tetapi saya tetap mengikuti kegiatan di RK.
Di Ruang Kolaborasi ini kami membuat program yang akan kami laksanakan nantinya walaupun selesai CGP, kami di beri tugas untuk melaksanakan program yang telah kami rancang yaitu "Green Class To Your School". semoga apa yang kami rencanakan dan program ini akan terlaksana dengan baik dan berlanjut Aamiin. Tidak sampai di sini saja ada peristiwa yang tidak akan pernah saya lupakan, dimana kami dibimbing lagi oleh Fasilitator kami yang "Sesuatu banget" bagi kami. Kami melakukan pertemuan lagi walau hanya lewat dunia maya yakni virtual zoom, disini kami melepaskan kesedihan kami karena harus berpisah dengan kegiatan yang biasa kami lalui, kebersamaan ini membuat kami menjadi suatu keluarga baru yang nantinya akan kami rindukan, entah mengapa terasa sangat sedih dan kehilangan sekali dengan kebersamaan yang telah kami lalui selama 6 bulan ini. Rasanya tak ingin kami berpisah dalam kegaiatan Ruang Kolaborasi ini, namun waktu jualah yang telah memisahkan untuk mengakhiri kegiatan. Walaupun kami sudah tidak melakukan kegiatan di RK ini, masih ada keterikatan kami disini yaitu bersama untuk membuat sebuah buku tentang perjalanan kami para CGP. Inilah adalah suatu yang baru bagi saya, dimana saya mencoba belajar menulis yang kegiatan ini saya rasa sangat menginsiprasi sekali.
Saat ini saya merasa sedih dan terharu karena saya akhirnya bisa menuntaskan pendidikan di CGP ini, walau kadang harus kejar - kejaran dengan waktu yang deadline di LMS. Dan juga fisik yang haru kuat ketika harus berangkat ke Kabupaten untuk setiap Lokakarya yang dilaksanakan di SDN 04 Tembilahan. Bukan hanya ilmu dan pengalaman baru yang saya dapatkan di CGP ini, namun teman dan sahabat baru yang begitu sangat kekeluargaan sekali. Hati saya sangat bahagia sekali bergabung di CGP dan dikelompok Fasil dan PP ini. Rekan CGP yang hebat-hebat telah memberikan saya pengalaman dan hal baru yang tidak bisa ternilai harganya. Perasaan saya setelah saya mendapatkan dan mempelajari materi dimodul ini saya bersyukur dan senang karena bisa menambah ilmu pengetahuan, mindset juga wawasan saya sebagai seorang pendidik yang masih banyak harus belajar lagi tentang anak didik yang sebenarnya di berikan kesempatan untuk dapat mengembangkan segala kapasitasnya dalam pembelajaran, sehinga semua potensi kepemimpinan anak didik berkembang lebih baik lagi.
Dimodul 3.3 banyak sekali pelajaran yang saya daptkan diantaranya tetang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Dimana Kepemimpinan murid (student agency) yakni merupakan suatu kondisi murid agar mampu menjadi pemimpin dalam pembelajaran sendiri, ketika murid mampu menjadi pemimpin dalam pembelajarannya sendiri, maka mereka sebenarnya memilki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Dan juga terdapat 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Oleh sebab itu sekolah diharapkan mampu menyediakan lingkungan yang bisa sesuai untuk menumbuhkan kepemimpinan setiap murid yang meliputi :
- Lingkungan yang menyediakan kesempatan murid untuk menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif
- Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, dan bijaksana , dimana murid menjunjung tinggi nila-nilai sosial positif yang berbasis pada nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.
- Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademik.
- Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
- lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan , harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok maupun golongan.
- Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri.
- lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit ditengah kesempatan.
Setelah mempelajari dan mencoba memahami materi dimodul 3.3 ini, saya akan mencoba dan berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkannya disekolah untuk membuat perubahan yang bagi kami ini suatu tantangan, dimana kami harus mencoba dan mencoba hal baru yang mana selama ini kami belum sama sekali menerapkannya disekolah. Saya juga akan berbagi parktik baik dengan rekan sejawat disekolah dan juga komunitas dikecamatan , karena ilmu yang saya dapatkan dimodul 3.3 ini sangat berharga sekali bagi kami para pendidik PAUD. Semoga ilmu yang telah kami dapatkan di CGP ini bemanfaat dan berkah Aamiin.
link di RK zoom
gambar didapat dari LMS CGP A5
gambar didapat dari LMS CGP A5
TERIMAKASIH
SALAM GURU HEBAT
TERGERAK, BERGERAK, MENGGERAKAN
@Feroanisya
Komentar
Posting Komentar