Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2
“Sebagai seorang pendidik, jadilah seperti air. Teguh pendiriannya namun juga siap untuk menyesuaikan diri dalam menjalani proses belajar”
(Itje Chodidjah
“Mendidik pikiran tanpa mendidik hati, adalah bukan pendidikan sama sekali”
(Aristoteles, Filsuf
Pada Jurnal Refleksi Dwi Mingguan di Modul 2.2 ini saya mencoba kembali dengan
Model 1: 4F
Facts( Peristiwa),Feelings( Perasaan), findings (Pembelajaran), Future(Penerapan).
Facts (Peristiwa)
Tak terasa sudah masuk ke modul 2.2 . Pembelajaran Sosial Emosional setelah kemaren kami menyelesaikan modul 2.1. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid, yang awalnya kami masuk di Ruang Kolaborasi setelah menyelesaikan mulai dari diri , eksplorasi konsep maka lanjut ke Ruang Kolaborasi yang mana kami di bimbing oleh Fasilitator Muda yang "Sesuatu Banget". Tepatnya pada tanggal 15 September kami berkolaborasi di RK, yang mana materinya tentang RPP yang ada KSE nya. Untuk pembagian kelompok di RK kami diberi kesempatan oleh fasilitator untuk berkolaborasi antar guru sesama jenjang, seperti kami guru TK menjadi 1 kelompok, yang terdiri dari Bu Sunita Winarti guru TKN Pembina Sei Piring Kec. Batang Tuaka, Bu Ellyza Solfatya juga guru TKN Pembina Sei piring Kec. Batang Tuaka., dan saya sendiri Ice Feroanisya guru TK Dharma Pertiwi Bagan Jaya Kec.Enok. Peristiwa yang tidak akan saya lupakan dimana kami bisa berkolaborasi di RK ini. Tugas yang akan kami buat yaitu RPP Sosial Emosioanl, dan kami mendapat tugas untuk membuat RPP KSE satu orang satu, berarti RPP KSE nya harus ada 3, walaupun saya belum memahami betul RPPnya, namun saya mencoba bertanya dengan Bu Ellyza dan Bu Sunita, inilah keseruan dari RK ini kita bisa sharing, berbagi dan banyak sekali ilmu yang saya dapatkan di RK ini.
Dengan melakukan Refleksi terbimbing ini adalah kegiatan yang menjawab beberapa buah pertanyaan yang terdapat di LMS. Yang mana erat kaitanya dengan pembelajaran sosial emosional. Hal-hal apa saja yang menarik sebelum dan sesudah mempelajari modul ini, mulai dari diri dan juga eksplorasi konsep.
Feelings (Perasaan)
Rasa syukur yang selalu tertanam dalam hati yang mana di CGP ini saya banyak sekali mendapatkan ilmu yang sangat berguna bagi saya dalam memperbaiki diri dan mengoreksi diri, apalagi sesuai dengan materei yang kami pelajari pada saat ini yaitu pembelajaran sosial emosional. Bagi kami guru TK bahasa sosial emosional tidak asing lagi kami dengar, sebab di TK sosial emosional ini termasuk 6 Aspek Perkembangan bagi anak usia dini. Namun untuk pribadi saya sosial emosional yang ada belum sepenuhnya bisa saya kendalikan, jadi dengan adanya materi di modul ini suatu pembelajaran bagi diri saya dalam mengendalikan sosial emosional terutama emosional saya. Banyak sekali ilmu dan pembelajaran yang saya di CGP ini, yang pertama saya merasa lelah dan kewalahan dalam manajemen waktu apalagi dengan begitu banyak nya tugas di setiap modul yang harus saya tuntaskan, akan tetapi motivasi dan semangat yang di berikan oleh PP kami yang baik hati dan selalu sabar menghadapi kami dalam keluh dan kesah, membuat saya terinspirasi untuk terus dan terus belajar. Apalagi melihat anak didik saya yang sangat saya sayangi, dimana mereka sangat membutuhkan bimbingan dan pembelajaran yang bermakna dari kami para pendidiknya. Semua itu menghilangkan rasa lelah dan menjadikan penyemangat saya dalam mencari ilmu.
Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran di modul ini tentang Sosial Emosional adalah hal baru yang saya dapatkan, ternyata selama ini saya salah dalam mendidik anak usia dini, terkadang saya tidak mengerti bagaimana cara mengatasi emosional anak didik, dan emosional saya dalam mengatasi tingkah polah anak didik saya yang terkadang membuat saya tidak bisa menahan segala emosi saya. Beruntung sekali saya bisa mendapat ilmu yang tidak bisa ternilai bagi saya, dan bisa saya terapkan disekolah maupun dirumah. Melalui tekhnik STOP saya akhirnya bisa mengelola emosi sehingga apa yang menjadi keputusan yang akan saya ambil dapat dipertanggung jawabkan (mindfullness). Tekhnik ini bisa kita lakukan kapan dan dimana saja tanpa membutuhkan peralatan. Tekhnik STOP adalah salah satu tekhnik menyadari dan melatih napas.
Future (Penerapan)
Setelah saya mendapatkan pembelajaran di modul ini saya akan terus belajar dan belajar dalam mengembangkan keterampilan pembelajaran sosial emosional dengan berkolaborasi bersama rekan sejawat, sehingga ilmu yang saya dapatkan bisa terus di kembangkan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pembelajaran. Dan saya akan terus menerapkan pembelajaran sosial emosional ini di sekolah saya sehingga anak didik saya bisa mengenal dan bisa mengendalikan emosionalnya sejak dini. Sehingga saya sebagai pendidik bisa mengerti akan emosional anak yang terjadi pada anak ketika menerima pembelajaran dari saya, karena jika kita sebagai pendidik tidak memahami akan sosial emosional yang terjadi pada anak didik kita pada saat itu, maka anak didik kita tdak bisa sepenuhnya mengikuti apa yang telah menjadi kesepakatan belajar yang telah kita buat bersama, dan kita juga tidak akan tahu permasalahan apa yang sedang di hadapi anak didik kita. Pembelajaran Sosial Emosional ini akan terus saya pelajari dan sangat penting sekali kami sebagai pendidik anak usia dini untuk lebih jauh lagi mendalami dan mencoba langsung pada diri sendiri. Semoga ilmu yang saya dapatkan di CGP pada modul 2.2 menjadi berkah Aamiin.
TERIMAKASIH
SALAM GURU HEBAT
TERGERAK, BERGERAK, MENGGERAKAN.
@Feroanisya
Komentar
Posting Komentar