Postingan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2

Gambar
  ALUR MERDEKA M ulai Dari               E ksplorasi Konsep             R uang Kolaborasi                         D emonstrasi Kontekstual                   K oneksi Antar Materi   A ksi Nyata Kegiatan Pendidikan Guru Penggerak telah masuk pada Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam kesempatan ini saya mencoba membuat Jurnal Refleksi Dwi Mingguan dengan menggunakan model  4 C yang di kembangkan oleh Ritchhart Church, dan Morrison (2011) .  Yang mana 4C itu adalah: CONNECTION               Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran anda sebagai Calon Guru penggerak CHALLENGE            Adakah ide,materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang anda jalankan    selama ini? CONCEPT ...

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1

Gambar
  Etika terkait dengan karsa karena manusia memiliki kesadaran moral. Akal dan moral dua dimensi manusia yang saling berkaitan. Etika terkait dengan karsa karena manusia memiliki kesadaran moral. (Rukiyanti, L. Andriyani, Haryatmoko, Etika Pendidikan, hal. 43) . Pada modul 3.1 untuk jurnal refleksi dwi mingguan saya mencoba menggunakan Model 2: Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL) Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009).      Alhamdulillah  kami baru saja menuntaskan Modul 2.3, dan minggu ini kami para rekan CGP mulai dengan materi baru lagi pada Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai kebajikan Sebagai Pemimpin. Yang mana kami para rekan CGP masih menggunakan LMS. Description           Tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2022 pada hari Kamis, kami telah masuk pada  Ruang Kolaborasi Modul 3.1, namun sebelum itu kami melakukan pretes terlebih dahulu,    setelah selesai...

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1

  Etika terkait dengan karsa karena manusia memiliki kesadaran moral. Akal dan moral dua dimensi manusia yang saling berkaitan. Etika terkait dengan karsa karena manusia memiliki kesadaran moral. (Rukiyanti, L. Andriyani, Haryatmoko, Etika Pendidikan, hal. 43). Pada modul 3.1 untuk jurnal refleksi dwi mingguan saya mencoba menggunakan Model 2: Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL) Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009).      Alhamdulillah  kami baru saja menuntaskan Modul 2.3, dan minggu ini kami para rekan CGP mulai dengan materi baru lagi pada Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai kebajikan Sebagai Pemimpin. Yang mana kami para rekan CGP masih menggunakan LMS. Description           Tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2022 pada hari Kamis, kami telah masuk pada  Ruang Kolaborasi Modul 3.1, namun sebelum itu kami melakukan pretes terlebih dahulu,    setelah selesai ...

Jurnal refleksi dwi mingguan Modul 2.3 Coacing Utk Supervisi Akademik

Gambar
Untuk Modul 2.3. Coaching Untuk Supervisi Akademik  saya mencoba pada Jurnal Reflksi Dwi Mingguan dengan menggunakan Model Gaya Round Robin. Tentu rekan-rekan guru hebat bertanya bagaimana panduan pertanyaan  reflesi Model ini adalah :  Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini ? Mengapa anda merasa hal tersebut bisa membuat anda menguasainya? Apa hal yang belum anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut ? Apa hal yang masih membingungkan anda dari pembelajaran hari ini ? Ceritakan hal-hal apa saja  yang membuat hal tersebut  membingungkan ?  1. Hal yang paling saya kuasai setelah pembelajaran ini  adalah : Setelah mempelajari modul ini saya baru menyadari, ternyata kita bukan hanya d tuntut untuk mengajar saja, akan tetapi sebagai pendidik juga perlu melakukan perbaikan ketika praktik mengajar, dimana seorang pendidik juga sering kali melakukan suatu kesalahan dalam menciptakan bai...

Jurnal refleksi dwi mingguan Modul 2.3 Coacing Utk Supervisi Akademik

Gambar
Untuk Modul 2.3. Coaching Untuk Supervisi Akademik  saya mencoba pada Jurnal Reflksi Dwi Mingguan dengan menggunakan Model Gaya Round Robin. Tentu rekan-rekan guru hebat bertanya bagaimana panduan pertanyaan  reflesi Model ini adalah :  Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini ? Mengapa anda merasa hal tersebut bisa membuat anda menguasainya? Apa hal yang belum anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut ? Apa hal yang masih membingungkan anda dari pembelajaran hari ini ? Ceritakan hal-hal apa saja  yang membuat hal tersebut  membingungkan ?  1. Hal yang paling saya kuasai setelah pembelajaran ini  adalah : Setelah mempelajari modul ini saya baru menyadari, ternyata kita bukan hanya d tuntut untuk mengajar saja, akan tetapi sebagai pendidik juga perlu melakukan perbaikan ketika praktik mengajar, dimana seorang pendidik juga sering kali melakukan suatu kesalahan dalam menciptakan bai...

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2

Gambar
  “Sebagai seorang pendidik, jadilah seperti air. Teguh pendiriannya namun juga siap untuk menyesuaikan diri dalam menjalani proses belajar”  ( Itje Chodidjah “ Mendidik pikiran tanpa mendidik hati, adalah bukan pendidikan sama sekali”  ( Aristoteles, Filsuf Pada Jurnal Refleksi Dwi Mingguan di Modul 2.2 ini saya mencoba kembali dengan  Model 1: 4F Facts( Peristiwa),Feelings( Perasaan), findings (Pembelajaran), Future(Penerapan) . Facts (Peristiwa)      Tak terasa sudah masuk ke modul 2.2 . Pembelajaran Sosial Emosional setelah kemaren kami menyelesaikan modul 2.1. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid, yang awalnya kami masuk di Ruang Kolaborasi setelah menyelesaikan mulai dari diri , eksplorasi konsep maka lanjut ke Ruang Kolaborasi yang mana kami di bimbing oleh Fasilitator Muda yang "Sesuatu Banget". Tepatnya pada tanggal 15 September kami berkolaborasi di RK, yang mana materinya tentang RPP yang ada KSE nya. Untuk pembagian kelompok di RK kami diberi k...

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2

Gambar
  “Sebagai seorang pendidik, jadilah seperti air. Teguh pendiriannya namun juga siap untuk menyesuaikan diri dalam menjalani proses belajar”  ( Itje Chodidjah “ Mendidik pikiran tanpa mendidik hati, adalah bukan pendidikan sama sekali”  ( Aristoteles, Filsuf Pada Jurnal Refleksi Dwi Mingguan di Modul 2.2 ini saya mencoba kembali dengan  Model 1: 4F Facts( Peristiwa),Feelings( Perasaan), findings (Pembelajaran), Future(Penerapan) . Facts (Peristiwa)      Tak terasa sudah masuk ke modul 2.2 . Pembelajaran Sosial Emosional setelah kemaren kami menyelesaikan modul 2.1. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid, yang awalnya kami masuk di Ruang Kolaborasi setelah menyelesaikan mulai dari diri , eksplorasi konsep maka lanjut ke Ruang Kolaborasi yang mana kami di bimbing oleh Fasilitator Muda yang "Sesuatu Banget". Tepatnya pada tanggal 15 September kami berkolaborasi di RK, yang mana materinya tentang RPP yang ada KSE nya. Untuk pembagian kelompok di RK kami diberi k...

Jurnal Dwi Mingguan Modul 2.1

Gambar
2.1.a. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada modul 2.1 . Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan murid ini saya mencoba di jurnal dwi mingguan dengan menggunakan  Model 5 : Conection, challenge, concept, change (4C) Yang mana model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011) . Model ini juga sangat cccok untuk merefleksikan materi pembelajaran.  Dan dalam menggunakan model ini kita di beri beberapa pertanyaan kunci untuk panduan dalam membuat refleksi  model ini, yang terdiri dari pertanyaan sebagai berikut : Conection . Apa keterkaitan materi yang di dapat dengan peran anda sebagai calon guru penggerak ? Challenge . Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumberyang berbeda dari praktik yang anda jalankan selama ini ? Concept . Ceritakan konsep-konsep utama yang anda pelajari dan menurut anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak ? Change . Apa peruba...